Mahasiswa PKL FE Unwar Dituntut Bangun Kreativitas

Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar Drs. I Wayan Arjana, M.M., Rabu (12/8) kemarin melepas 165 mahasiswa yang mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang di sejumlah perusahaan. Program ini dinilai strategis untuk meningkatkan daya saing lulusan FE Unwar di dunia kerja.

Wayan Arjana menekankan mahasiswa FE Unwar yang PKL di perusahaan dituntut mampu membangun kreativitas kerja di perusahaan tempat mereka magang. Belajar menemukan masalah dan memecahkannya. Setelah terjun ke masyarakat mereka diharapkan kembali menumbuhkan kreativitas kerja sehingga lulusan FE Unwar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Ia mengatakan PKL ini adalah peluang untuk mendapatkan banyak informasi soal dunia kerja. Makanya sebelum diterjunkan mahasiswa diberikan pembekalan soal etika dan falsafah kerja, teknis PKL dan sebagainya. Praktik kerja lapangan ini juga melatih kesiapan mental mahasiswa menghadapi dunia kerja.

Ia menyadari dunia global saat ini membuka peluang kerja yang makin terbuka, tinggal kita sekarang cerdas memanfaatkan peluang kerja tersebut. Kunci keberhasilannya terletak pada daya saing bangsa dan daya saing itu sangat ditentukan oleh teknologi berbasiskan ilmu pengetahuan yang terintegrasi. Untuk itulah ia mengharapkan peserta magang melakukan tugas penuh disiplin, jujur dan bertanggung jawab.

Pada laporannya nanti ia harapkan menonjolkan analisis permasalahan yang dicatat dari laporan harian sehingga mahasiswa FE Unwar sudah terbiasa berpikir kritis. Berkat disiplin ini, kata Arjana, banyak mahasiswa FE Unwar sehabis magang diangkat sebagai tenaga honorer dan karyawan tetap setelah tamat.

Ketua Panitia PKL A.A. Bgs. Amlayasa, S.E. menambahkan 165 peserta magang akan diterjunkan di 11 instansi pemerintah, 7 BUMN/BUMD dan 18 instansi swasta. Mereka selama dua bulan berada di lapangan dibimbing 51 dosen. Dalam pembekalannya, Amlayasa mengatakan pentingnya menjaga etika saat magang karena dimonitoring oleh pembimbing. Ia tak menginginkan ada mahasiswa yang namanya tercatat magang di sebuah instansi namun tak pernah datang. ”Mahasiswa yang begini pasti tak lulus,” tambahnya. (025/*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: