Prodi Manajemen FE Unwar Terapkan Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ) sabtu (13/10/2012) menggelar kuliah Umum “Peran Manajemen Dalam pengambangan Usaha”. Kuliah umum menghadirkan dua pembicara Sekreatris Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bali Dra. Ni Nengah Wardhani, SE, MM dan kepala Biro SDM PLN I ketut Yogaster Susena Pati.

Ketua Panitia A.A. Adi Satyadyana mengatakan seminar yang diikuti 200 mahasiswa baru Jurusan Manajemen ini, untuk memperkenalkan program unggulan kewirausahaan di Prodi/ Jurusan Manajemen. Juga untuk menguatkan kepribadian serta karakter kewirausahaan mahasiswa.

Adi Satyadyana didampingi kasi publikasi, Pramudya Santa Wijaya menambahkan, Nengah Wardhani dipilih karena sudah teruji sebagai pengusaha sukses usaha bidang jasa pelatihan dan pendidikan, suplier dan pengembangan SDM. Sementara PLN sebagai salah satu stakeholders pengguna SDM lulusan FE Unwar.
Dekan FE Unwar IGN Sanjaya, SE, M.Si., Ak. Menegaskan program ini bagian dari upaya FE Unwar mendidik SDM muda agar tak sampai menjadi pengangguran. Peningkatan kompetensi ini melalui proses pendidikan kewirausahaan yang terintegrasi.

Pembelajaran terintegrasi ini, kata dia menyambung antara keilmuan dngan dunia kerja. Selama ini kurikulum FE Unwar sudah menjawab dan menjalankan konsep itu, tinggal memaksimalkan saja. Dengan demikian mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya apa yang didapatkan selama kuliah. Jawabnya, pendidikan terintegrasi.

Untuk itu, kata Dekan yang dikenal low profile ini, untuk menindaklanjuti pendidikan terintegrasi ini prodi Manajemen sedang mempersiapkan lab kewirausahaan yang representatifdan komprehensip. Artinya, mahasiswa total diproses berkualitas secara kontinu. Diberi pelatihan sehingga memiliki standar minimal. Kami tak mau memiliki lab kewirausahaan hanya lips service, ujarnya.

Makanya lulusannya harus tahu program marketing, sumber daya manusia, finansial, dan produksi.Bidang usaha yang digeluti pun bervariasi, tak hanya di unsur produksi. Sementara lab kewirausahaan ini akan ldikemas lebih menarik. Mahasiswa yang selama ini diberikan mata kuliahkewirausahaan tiga SKS, kata dia, belumlah cukup.Makanya ditambah dengan praktik lab kewirausahaan. Kini menjjabarkannya didukung oleh SDM dosen dan pegawai di jurusan.

Kaprodi Manajemen I Made Artawan, SE, MM dan Sekretaris Jurusan D.A. Niti Widari, SE, MM membenarkan salah satu kompetensi unggulan yang dibentuk di manajemen yakni kewirausahaan. Prodi rutinmenggelar pelatihan kepada mahasiswa untuk membuat rencana bisnis/ bisnis plan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: