Bandung dan Jakarta menjadi sasaran Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Studi Banding FE Unwar

studi-web-1Praktek Kerja Lapangan dan Studi Banding Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Manajemen dan Akuntansi dilaksanakan dari tanggal 7 s/d 9 Juni 2013. PKL dilaksanakan di perusahaan PT Garuda Indonesia , Tbk, sedangkan studi banding dilaksanakan di Universitas Widyatama Bandung. PKL dan Studi banding diikuti oleh 40 orang mahasiswa dan 5 orang dosen pendamping. Di Universitas Widyatama Bandung rombongan PKL dan studi banding diterima oleh Humas dan jajaran Dekanat Fakultas Ekonomi Widyatama Bandung. Dalam pemaparan Dekan FE Widyatama Bandung mengatakan bahwa struktur organisasi Fakultas dan Universitas sangat ramping tapi kaya akan aktivitas, misalnya di tingkat rektorat dipimpin oleh seorang Rektor dan seorang wakil rektor (tidak ada wakil rektor I, II ,III) dan dibantu oleh seorang humas yang mempunyai kewenangan penuh dan kecerdasan dalam bernegosiasi.

Sedangkan di tingkat Fakultas dipimpin oleh seorang Dekan dan seorang Wakil Dekan, sedangkan Jurusan membawahi beberapa prodi (diploma, prodi S1, Prodi S2, dll). Universitas Widayatama Bandung telah memiliki ISO dan beberapa prodi dengan peringkat akreditasi B. I Made Artawan, SE, MM Kaprodi Manajemen menemukan keunikan kurikulum Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama terutama pada mata kuliah konsentrasi terdapat 1 sks mata kuliah praktikum, misalnya mata kuliah manajemen keuangan (3 sks) diikuti dengan praktek manajemen keuangan (1 sks), begitu juga dengan mata kuliah SDM, Pemasaran, Operasional, dll. Ketika rombongan bertemu dengan Rektor yang didampingi oleh Wakil Rektor, pihak FE Unwar ditawari kerjasama untuk melakukan kegiatan seminar Internasional yang waktu pelaksanaannya tahun 2014 di Bali, hal tersebut disepakati oleh Dekan FE Unwar I Gst Ngurah Sanjaya, SE, M.Si., Ak.

studi bandingRombongan Praktek Kerja Langan dan Studi banding melanjutkan perjalanan untuk melakukan pertemuan dengan pihak PT Garuda Indonesia, Tbk di Jakarta. Mahasiswa diberikan penjelasan oleh pihak Garuda terutama mengenai pendidikan dan pelatihan seorang pramugari, pilot, penyelamatan jika terjadi kecelakaan pesawat baik di air maupun di darat, dan test pilot melalui simulasi. Di perusahaan garuda juga terdapat reflikasi pesawat dalam rungan dimana tempat ini biasanya dipergunakan untuk melatih pramugari dalam melayani penumpang. Disitu juga dijelaskan tentang manajemen garuda, keselamatan para penumpang. Di PT Garuda Indonesia mahasiswa diberikan waktu 4 jam untuk lebih mengenal perusahaan ini.

Pendamping lapangan PKl dan Studi Banding Bandung-Jakarta didampingi oleh I Gst Ngurah Sanjaya, SE, M.Si., Ak (Dekan FE), Drs I Made Pulawan, MMA (Wakil Dekan bidang kemahasiswaan), I Gst. Lanang Pt. Tantra, S.E., M.Si (Wakil Dekan Bidang Akademik), I Made Artawan, SE, MM (Ketua Program Studi Manajemen), dan Ni nengah Seri Ekayani, SE, M.Si., Ak. (Kaprodi Akuntansi). Disamping kegiatan PKL dan studi banding mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan shoping di Bandung dan di Jakarta (Mangga Dua, Ancol).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: