Ketua Jurusan Manajemen Melakukan Monitoring Proses Pembelajaran

monev 2012I Made Artawan, SE, MM selaku Ketua Jurusan Manajemen pada semester genap 2012/2013 melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) proses pembelajaran. Mekanisme monev diawali dengan penetapan perangkat monitoring dan evaluasi (monev) proses pembelajaran oleh Wakil Dekan I atas persetujuan Dekan. Selanjutnya dilakukan proses monev sebagai berikut : 1). Monev proses pembelajaran dilaksanakan oleh Ketua Jurusan; 2). Monev proses pembelajaran yang dilakukan oleh ketua jurusan dilaksanakan dengan dua kali, yaitu monev bulanan dan monev akhir semester; 3). Monev bulanan oleh ketua jurusan dilaksanakan melalui pengecekan absensi kehadiran dosen mengajar di pos sekretariat (posek) ; 4). Proses monev akhir semester oleh ketua jurusan dilaksanakan melalui penyebaran kuisioner kepada mahasiswa di kelas; 5) Hasil monev yang dilakukan oleh ketua jurusan, selanjutnya dilakukan tabulasi, evaluasi, dan dibuatkan dokumen tertulis yang selanjutnya di laporkan kepada Wakil Dekan I; 6) Dokumen hasil monev yang telah dilaporkan oleh ketua jurusan di Wakil Dekan I akan disosialisaikan pada rapat dosen Fakultas Ekonomi; 7) Jika dalam hasil monev ditemukan terjadi pelanggaran kode etik, maka dilakukan tindakan oleh Dekan sesuai dengan aturan yang berlaku. Proses monev ini akan dilakukan secara rutin setiap bulan dan enam bulan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran di jurusan manajemen.

Hasil movev Jurusan Manajemen tahun akademik genap 2012/2013 adalah sebagai berikut:

  1. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan penampilan dosen jurusan manajemen kurang adalah 4,2%, sedang 17,7%, baik 56,3%, dan baik sekali 21,9%.
  2. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan perhatian terhadap mahasiswa jurusan manajemen kurang adalah 13,5%, sedang 24%, baik 47,9%, dan baik sekali 14,6%.
  3. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan penguasaan materi kuliah dosen jurusan manajemen kurang adalah 6,3%, sedang 18,8%, baik 53,1%, dan baik sekali 21,9%.
  4. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan metode pengajaran dosen jurusan manajemen kurang adalah 9,4%, sedang 24,0%, baik 52,1%, dan baik sekali 14,6%.
  5. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan kesesuaian materi kuliah dosen jurusan manajemen adalah sedang 25%, baik 61,5%, dan baik sekali 13,5%.
  6. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan ketepatan waktu mengajar dosen jurusan manajemen kurang adalah 17,7%, sedang 25%, baik 36,5%, dan baik sekali 20,8%.
  7. Dari 96 orang responden mahasiswa menyatakan kemampuan bahasa/ komunikasi dosen jurusan manajemen kurang adalah 6,3%, sedang 25%, baik 53,1%, dan baik sekali 15,6%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: