Praktek Kerja Lapangan (PKL) MHS FE Unwar

DSC_0171Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di Perguruan Tinggi dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Disamping dunia usaha, Praktek Kerja Lapangan (PKL) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu Fakultas Ekonomi, karena keahlian yang tidak diajarkan di Fakultas Ekonomi bias didapat didunia usaha , sehingga dengan adanya Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan di Fakultas Ekonomi  yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan (PKL), Praktek Kerja Lapangan (PKL) juga sebagai kegiatan mahasiswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.

I Made Artawan, selaku Ketua Jurusan manajemen mengatakan bahwa  tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) antara lain : Untuk memperkenalkan mahasiswa pada dunia usaha, Menumbuhkan & meningkatkan sikap profosional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia usaha, Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap mahasiswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya, Meluaskan wawasan dan Pandangan mahasiswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana mahasiswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa  Fakultas Ekonomi Unwar dilaksanakan dari tanggal 19-22 Februari 2014. Sebagai objek PKL kali ini adalah PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Di PT Bursa Efek Indonesia Mahasiswa akan diberikan pengetahuan praktis tentang investasi, instrumen pasar modal, dan kiat sukses berinvestasi di saham, obligasi dan reksadana. Sebelum menyelesaikan studi S1 di FE Unwar mahasiswa sudah dibekali dengan  beberapa pengetahunan praktis seperti perpajakan, auditing, dan ketrampilan membuat bisnis plan (rencana bisnis) serta semangat  menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya bagi lulusan jurusan manajemen.

Perusahaan yang disasar sebagai objek PKL adalah perusahaan-perusahaan  besar . Tahun sebelumnya PKL telah dilaksanakan dengan objek adalah PT Garuda Indonesia, Tbk Jakarta. Disana mhs diperkenalkan dan ditunjukkan bagaimana sistem manajemen perusahaan mulai dari hal kecil sampai go publik. Ini merupakan pengetahuna praktis yang didapat mahasiswa tidak saja bersifat teori yang didapat di bangku kuliah. Ketua jurusan manajemen I Made Artawan, SE, MM sangat mendukung program PKL yang dilaksanakan setiap tahun oleh Fakultas ekonomi Unwar.

PKL dilaksanakan pada tanggal 19-22 feb 2014

Teknikal Meeting dilaksanakan tanggal 12 Feb 2014

18 feb 2014 : persembahyangan bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: