FE Unwar Miliki Sembilan Buku Panduan, Beri Jaminan Pendidikan Berkualitas

lokakaryaSEGENAP sivitas akademika Fakultas Ekonomi (FE) Unwar, Jumat (21/12) kemarin terlibat dalam lokakarya dua hari penyusunan buku panduan dan kekeluargaan. Dengan demikian, FE Unwar kini memiliki sembilan buku pedoman dan kekeluargaan sebagai acuan guna memberikan pendidikan berkualitas kepada masyarakat. Lokakarya penyusunan buku pedoman kemarin dibuka Dekan FE Unwar, IGN Sanjaya, S.E., M.Si., Ak., diikuti 85 dosen dan karyawan.

Ketua Panitia, Drs. Gusti Lanang Putra, M.M., mengungkapkan buku pedoman ini sangat penting dimiliki sebagai arahan guna mencapai tujuan. Bahkan, buku ini dijadikan acuan mulai dari pimpinan hingga karyawan terbawah dalam mengelola FE Unwar.

Menurutnya, dalam lokakarya tersebut dibahas delapan buku pedoman, satu buku pedoman berupa Renstra sudah disusun sebelumnya. Kepemilikan buku pedoman ini, kata Lanang Putra, juga penting untuk syarat mengikuti akreditasi institusi. Buku panduan tersebut meliputi job des tenaga struktural, rekam jejak dan kinerja dosen, monitoring dan evaluasi, akademik, proposal dan skripsi, etika sivitas akademika, pengelolaan kelas non-regular, magang mahasiswa, dan Badan Kekeluargaan FE.

IGN Sanjaya mengungkapkan, semua ini bentuknya berupa penyempurnaan buku panduan terdahulu dan penambahan model baru. Sebab, sebelumnya FE Unwar baru memiliki enam buku panduan, kini disesuaikan dengan standar universitas menjadi sembilan. Bahkan, akan berkembang lebih dari sembilan sesuai tuntutan zaman.

Dia menegaskan tujuan akhir dari lokakarya penyusunan buku panduan ini adalah sebagai role of control FE, baik dalam pengajaran, evaluasi maupun pertanggungjawaban pendidikan berkualitas kepada masyarakat. Di samping itu, ada akuntabilitas dan kejelasan siapa menjalankan apa, jelas tanggung jawabnya, hak dan kewajibannya. Dengan demikian, tak ada lagi penafsiran yang berbeda antarsivitas akademika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: