Doktor Baru di Jurusan Manajemen FE Unwar

TT-INDIANINi Luh Putu Indiani, S.E., M.M. dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa, berhasil meraih gelar Doktor setelah dinyatakan lulus pada ujian terbuka Program Pascasarjana Universitas Udayana. (Selasa, 11/8/2015)
Dalam ujian terbuka ini, promovenda mempertahankan disertasinya dengan judul : “Model Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Menjelaskan Reservasi Aktual Online Pada Industri Hotel Berbintang Di Bali” dihadapan rapat senat Badan Perwakilan Pascasarjana Unud, yang dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp. S(K). Selaku promotor Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, S.E.,M.S.I.E., kopromotor-I Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, S.E., M.S., dan kopromotor-II Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, S.E., M.P. Indiani yang menempuh pendidikan pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Program Pascasarjana Universitas Udayana dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Hadir saat itu adalah Direktur Program Pascasarjana Universitas Warmadewa, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa, Ketua Program Magister Manajemen Universitas Warmadewa, dan para praktisi pariwisata antara lain Ketua GIPI Bali dan Sekretaris Eksekutif BPD PHRI Bali.

Lebih lanjut, selaku promotor Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, S.E.,M.S.I.E., mengatakan bahwa promovenda ini menjadi mahasiswa kedua yang berhasil meraih gelar Doktor dari 19 orang mahasiswa angkatan pertama pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Program Pascasarjana Universitas Udayana. Promovenda mampu menempuh masa studi dalam kurun waktu 2 tahun 11 bulan.

Dalam disertasinya, Indiani mengemukakan bahwa fenomena bisnis dan empiris menggambarkan bahwa niat pembelian online tidak serta merta mendorong pembelian aktual. Temuan tersebut kontradiktif dengan Theory of Planned Behavior (TPB). Mengisi celah tersebut, penelitian ini mengembangkan model keputusan pembelian online yang merupakan integrasi dari TPB, perceived risk theory, dan trust. Analisis ini bertujuan untuk memperkaya TPB dalam menjelaskan keputusan pembelian online. Selain itu Indiani mengungkapkan bahwa belum terdapat penelitian yang menganalisis keputusan pembelian online mempergunakan pendekatan integratif yang merujuk pada Consumer Decision Model. Penelitian ini mengembangkan model integratif menyertakan variabel kualitas website, online consumer review (OCR), dan online visibility. Pengembangan model integratif ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif atas proses pengambilan keputusan pembelian di lingkungan online.

Lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, dan S2 Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Udayana ini menegaskan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa reservasi aktual paling kuat dipengaruhi oleh persepsi risiko, trust, dan niat reservasi online memberikan pengaruh terlemah. Hal ini menunjukkan bahwa perceived risk theory lebih relevan menjelaskan perilaku pembelian di lingkungan yang sarat risiko. Disamping itu, hasil penelitian menemukan bahwa persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap niat reservasi online dan trust. Hasil penelitian juga menemukan bahwa online visibility berpengaruh signifikan terhadap niat reservasi online. Kualitas website dan OCR mempengaruhi niat reservasi online melalui persepsi.

Lebih lanjut, hasil penelitian ini juga memberikan kontribusi secara teoritis dan praktis. Secara teoritis, hasil penelitian menambah referensi pada topik perilaku pembelian online. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh praktisi perhotelan untuk meningkatkan reservasi aktual, melalui mekanisme penurunan persepsi risiko terutama finansial. Hal ini dicapai dengan meningkatkan kualitas website terutama pada keamanan dan kenyamanan bertransaksi, dan mendorong penyebaran online review positif mengenai hotel.

Bertambahnya Doktor baru di prodi manajemen disambuat baik oleh Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa I Made Artawan, SE, MM, bertambahnya Doktor  berarti bertambahnya jumlah penelitian hibah Dikti yang akan diraih di prodi manajemen, imbuhnya. Nilai akreditasi prodi manajemen saat ini “B”, untuk meningkatkan nilai akreditasi diperlukan tenaga pengajar yang bergelar Doktor lebih banyak di prodi manajemen. saat ini jumlah dosen yang masih studi S3 di prodi manajemen sebanyak 7 orang, imbuh  I Made Artawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: