PRODI MANAJEMEN MERAIH JUARA II KATAGORI KINERJA PRODI TAHUN 2015

11052447_10203231469542412_788016492434781746_nI Made Artawan, SE, MM selaku kaprodi manajemen menyambut baik hasil yang diperoleh kinerja prodi tahun 20015 sebagai juara II. Hal ini disampaikan dalam rapat Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Warmadewa (Unwar). Acara rapat yang diselenggarakan oleh BPM Unwar menyangkut masalah Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi (Kormonev) kegiatan BPM dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) pada Kamis (31/12) di Ruang Sidang Sri Kesari Mandapa Universitas Warmadewa. Rapat tersebut dihadiri para ketua GPM di tingkat vokasi, fakultas/ pascasarjana, dan para ketua Bidang BPM.

Kepala BPM yang sebelumnya bernama LPM Unwar, Dr. I Wayan Gede Suacana, M.Si., menjelaskan, pihaknya telah melakukan monitoring, evaluasi dan audit terhadap 18 program studi (prodi) yang ada di Unwar baik bidang akademik (proses pembelajaran) maupun non akademik (keuangan). “Kita lakukan semacam Monevin, AMAI dan audit berdasarkan standar ISO 9001:2008 terhadap semua prodi terkait Sistem Manajemen Mutu (SMM) di Unwar dengan melibatkan 48 auditor internal yang dimiliki Unwar, badan penjaminan mutu pusat Unwar (BPM) dan gugus penjaminan mutu vokasi, fakultas dan pascasarjana (GPM),” ujarnya.

Dari hasil Monevin, AMAI dan audit ISO 9001:2008 itu dapat diketahui capaian kegiatan, beberapa temuan dalam pelaksanaan kegiatan sesuai dengan beberapa dokumen mutu Unwar, yaitu kebijakan mutu, 5 manual mutu, 24 standar pendidikan, penelitian dan pengabdian) serta 5 standar khusus Unwar. Selain mengetahui kinerja selama setahun, Kormonev Unwar juga bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian bidang penjaminan mutu yang pernah diperoleh Unwar, diantaranya Juara I Penjaminan Mutu se-Kopertis VIII tahun 2013 dan Juara III tahun 2014.

Melalui Kormonev ini diharapkan muncul identifikasi masalah penjaminan mutu yang akan dijadikan agenda pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada bulan Januari 2016 dg melibatkan semua Pimpinan Unwar. Hasil RTM adalah kebijakan pimpinan atau rencana tindak lanjut (RTL) sebagai solusi untuk memecahkan persoalan bidang penjaminan mutu.

Berdasarkan evaluasi terhadap kinerja masing-masing program studi (prodi) pada tahun 2015, dihasilkan peringkat kinerja prodi yaitu: Prodi Ilmu Hukum sebagai Juara I, Prodi Manajemen Juara II, Prodi Teknik Sipil Juara III, 2 Prodi yaitu Prodi Ilmu Pemerintahan dan Prodi Teknik Arsitektur meraih Juara Harapan I, Prodi Sumber Daya Perairan meraih Juara Harapan II, Prodi Peternakan meraih juara Harapan III. Selain itu, hampir semua prodi di Unwar telah terakreditadi B, dan beberapa prodi baru sedang mengusulkan akreditasi atau reakreditasi.

Dari Tahun 2010 hingga 2015, Unwar meraih penghargaan di bidang penjaminan mutu diantaranya, sertifikat Internasional untuk hasil audit surveiland tahun pertama pelaksanaan sistem manajemen mutu (ISO 9001: 2008) di Unwar, yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Internasional TUV Rheinland Jerman Tahun 2014 dan 2015, penghargaan atas keberhasilan Unwar sebagai Juara III lomba Quality Assurance bagi perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah VIII Bali Nusa Tenggara, yang diberikan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VIII Bali Nusra, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 dan 2013, award silver medal kepada Unwar atas keberhasilan meraih akreditasi prodi yang dimiliki dengan indeks prestasi 230, 824, yang diberikan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilyah VIII A Bali Tahun 2012 dan penghargaan yang sama di Tahun 2011 dengan indeks prestasi 3,43. Tahun 2010, Unwar juga meraih penghargaan atas keberhasilan Unwar dalam mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Unwar juga pernah meraih hibah pengembangan penjaminan mutu untuk prodi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Unwar Tahun 2012.(kmb42).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: