Kerjasama Universitas Warmadewa dengan Charles Darwin University (CDU) Darwin, Nothern Territory Australia

Darwin1Dari Tanggal 14 sampai 18 Maret 2016
Peserta Kunjungan:
1. Dr. Drs. A.A. Gde Oka Wisnumurti, M.Si (Ketua YKKPB)
2. Prof. Dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp.Par.K (Rektor )
3. Ir. I Nyoman Kaca, M.Si (Wakil Rektor I)
4. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH, MH (Dekan FH)
5. Dr. I Made Arjaya, SH. MH (Dosen)

Tujuan Kunungan:
Memenuhi Undangan dalam Kegiatan CDU School Of Law Inauguran Transnational Law Research Workshop and Showcase, dengan presenter dari Unwar Dr. I Made Arjaya, SH.MH.
Penandatangan Memorandum Of Understanding (MOU).
Benchmarking.

Rasionale:
Dalam rangka meningkatkan kerjasama Universitas Warmadewa, sesuai dengan RIP (Rencana Induk Pengembangan) dan Renstra (Rencana Strategis) yang telah ditetapkan maka sangat perlu dalam pengembangan jejaring baik di tingkat nasional dan internasional. Dalam Rencana Strategis direncanakan strategi bidang akademik, bidang manajemen dan organisasi, bidang kemahasiswaan, dan bidang pengembangan dan kerjasama, yang selanjutnya dapat menjadi pijakan bagi kebijakan tahun-tahun mendatang untuk kemajuan Universitas Warmadewa.

Sesuai dengan tuntutan dunia yang mengglobal maka eksistensi perguruan tinggi akan mengalami persaingan yang ketat, sehingga sangat tepat perguruan tinggi meningkatkan tata kelola baik menyangkut akademik dan nonakademik.Dalam kaitanya dengan strategi yang ditempuh oleh perguruan tinggi (PTN & PTS) dalam memenangkan persaingan antara perguruan tinggi, terdapat kecendrungan bahwa masing-masing perguruan tinggi akan bersikap lebih proaktif, terutama dalam membangun berbagai jaringan (networking) dengan berbagai institusi untuk berbagai keperluan, baik pendidikan, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. Dalam meningkatkan jejaring ini adanya undangan dari Charles Darwin University (CDU) yang difasilitasi oleh Bapak Danial Kelly, BA, LLB (Hons), GDLP, M.Appling, PhD, Associate Head, School of Law, Faculty of Law, Education, Bussines and Art, Charles Darwin University (CDU), maka kesempatan ini direspon dengan baik oleh Ketua Yayasan dan Bapak Rektor, dengan menghadiri undangan ini.

Ada beberapa Kegiatan yang diikuti selama Kunjungan Ke Charles Darwin University (CDU) yaitu:

Menghadiri seminar dengan judul/tema:CDU School Of Law Inauguran Transnational Law Research Workshop and Showcase, dengan presenter dari Unwar Dr. I Made Arjaya, SH.MH. Dalam seminar yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 16 Maret 2016 ini sebagai pembicara kunci adalah: Konsulat Jenderal Indonesia di Darwin Bapak Andre Siregar. Peserta seminar ini berasal dari Negara Malaysia, Brunai Darussalam, Indonesia, Timor Leste, Fiji, dan sebagai penyelenggara. Presenter dari Universitas Warmadewa Dr. I Made Arjaya, SH,MH membawa makalah dengan judul: The Role of Private Sector in the Development of ASEAN Culture.

Seminar ini dibuka oleh Professor Ned Aughterson (Head of School of Law Charles Darwin University) Dalam seminar ini jumlah makalah yang dipresentasikan sebanyak 19 makalah dan dipresentasikan secara oral sehingga dapat menambah pengetahuan masing- masing peserta dalam diskusi yang dipandu oleh staf Charles Darwin University (CDU). Dalam kesempatan ini Team Universitas Warmadewa dibawah pimpinan Bapak Kertua Yayasan dan Bapak Rektor, ada pembicaraan intesip dengan Konsulat Jenderal Negara Republik Indonesia di Darwin Bapak Andre Siregar. Karena waktu yang terbatas pada kesempatan tersebut maka atas inisiatip Bapak Ketua Yayasan dan Bapak Rektor pada malam harinya kita mengundang Bapak Konsulat Jenderal untuk makan malam bersama di salah satu Restoran di Darwin, untuk mengintensipkan pembicaraan yang lebih operasional dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama Universitas Warmadewa dalam berbagai bidang. Karena pada malam itu beliau akan menghadiri undangan, untuk melengkapi pembicaran saat itu beliau mengundang Team Universitas Warmadewa ke Rumah Jabatan Konsulat Jenderal RI dalam Copy morning pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2016. Selama keberadaan team Universitas Warmadewa di Darwin Juga telah mengunjungi Parliament House (Gedung Parlemen) dan Supreme Court (Gedung Mahkamah Agung), namun pada kesempatan tersebut karena kesibukan masing-masing maka team Universitas warmadewa hanya di ijinkan mengamati kegitan yang sedang berlangsung pada saat itu.

Copy Morningdi Wisma/Rumah Dinas Konsulat Jenderal RI di Darwin Bapak Andre Siregar. Pada saat akan menghadiri acara ini team Universitas Warmadewa dijemput di tempat penginapan (Value inn di Micheal Street) oleh staf Konsulat Jenderal dan sampai di tempat jam 9.30 waktu Darwin. Pada kesempatan itu Bapak Andre Siregar Konsulat Jenderal RI, juga mengundang Bapak David Cannon dari The Essington School Darwin yang mengelola pendidikan Vocasional. Dari pembicaraan saat itu pada prinsipnya pihak Konsulat Jenderal RI sangat antusias dan menyambut baik kedatangan Team Universitas Warmadewa dan akan memfasilitasi kegiatan yang sejenis di tahun mendatang. Disamping itu juga akan membantu pengurusan visa dan sumber pendanaan (beasiswa) bagi pebelajar Universitas Warmadewa yang mau mengikuti program pendidikan di Darwin Nothern Territory Australia. Bapak David Cannon dari The Essington School Darwin, jugamemberi harapan kepada team Universitas Warmadewa, apabila ada anak-anak Indonesia terutama yang mempunyai nilai akademik bagus yang mau belajar di The Essington School Darwin, beliau sanggup juga memberikan beasiswa dan ini juga merupakan peluang terutama untuk Warmadewa Collage dalam bekerjasama lebih intensip dan operasioanal. Pada Kesempatan ini sebelum pertemuan diakhiri Bapak Rektor juga menyerahkan Cendramata yaitu patung Sri Ksari Warmadewa sebagai kenangan agar Universitas Warmadewa selalu di kenang oleh pihak Konsulat Jenderal RI di Darwin.

Penandatangan MOU (memorandum Of Under Standing) antara Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa dengan Head of School of Law Charles Darwin University dan Bapak Rektor juga ikut menandatangi piagam kerjasama ini. Pihak Charles Darwin University melalui Professor Ned Aughterson (Head of School of Law Charles Darwin University), menyambut baik kerjasama ini, bahkan beliau sanggup mengirimkam stafnya sebagai dosen tamu di Universitas Warmadewa. Demikian pula apabila ada tenaga dosen dari pihak Universitas Warmadewa ingin melanjutkan studi di Charles Darwin University (CDU) akan difasilitasi semaksimal mungking sehingga kerjasama ini lebih operasinal dan memberikan manfaat yang positip untuk kedua institusi ini. Pada akhir diskusi penandatangan MOU juga dilakukan tukar vandal antara Bapak Rektor Universitas Warmadewa denganProfessor Ned Aughterson (Head of School of Law Charles Darwin University),

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: