Closing Meeting Surveillance Audit ISO 9001:2015 bu TUV Rheinland Indonesia Universitas Warmadewa

Closing Meeting Surveillance Audit ISO 9001:2015 bu TUV Rheinland Indonesia Universitas Warmadewa di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama pada hari Kamis, 1 November 2018. Acara dihadiri oleh Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, WR I, WR II, WR III, Tim Audit ISO TUV Rheinland Indonesia, Dekan serta WD Fakultas dilingkungan Unwar dan yang mewakili, Ka. BPM, Ka. BAAK, Ka. BAUK, Ka. BAPPSIK, UPM Fakultas dilingkungan Unwar, Dosen dilingkungan Unwar, dan para Undangan.
Kepala BPM  I Wayan Gede Merta, SE.,M.Si., mengatakan Surveillance Audit ISO 9001 : 2015 sudah berjalan dengan baik selama 2 hari. Ia juga menjelaskan bahwa sertifikasi tersebut setiap tahunnya harus dire-audit (surveillance) untuk memastikan progres dan pertumbuhan budaya mutu lembaga pendidikan yang terjadi selama 1 tahun terakhir. “Sebentar lagi akan disampaikan hasil audit selama  2 hari ini dan saya berharap kita terus berusaha untuk mempertahankan sertifikasi (TUV Rheinland Indonesia-red) ISO 9001:2015 dan kedepannya kita harus tetap untuk meningkatkan mutu di Universitas Warmadewa.”, tandasnya.

Surveillance Audit ISO 9001 : 201 Abdul Manan Aruli selaku Audit Leader dan Auditor Agung Sumantri dari TUV Rheinland Indonesia menyampaikan hasil auditor selama 2 hari kemarin dimana hasil pencapaian 1 tahun terakhir Unwar tidak ada temuan minor maupun mayor. Mereka menyampaikan beberapa pencapaian positif dari Unwar yaitu adanya komitmen yang tinggi dari top manajemen dan seluruh anggota civitas akademika dalam manajemen mutu ISO 9001:2015, perolehan Akreditasi A untuk Prodi Peternakan, meningkatnya peringkat nasional Universitas dari posisi 74 menjadi 63, Mencanangkan visi menjadi kampus Eco Wisata, meningkatkan jumlah penelitian yang sudah dimuat di jurnal-jurnal penelitian nasional maupun internasional, telah digunakan E-library di perpustakaan yang memudahkan pengguna dalam mengakses buku-buku, literatur, dan lain-lain. Mereka berharap kedepannya Unwar bisa tetap mempertahankan dan terus meningkatkan mutu.
Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Ir. I Ketut Sugihantara, MSA mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan audit selama 2 hari dan hasil audit yang menyatakan tidak ada temuan ,baik minor maupun mayor. Ini tentu sangat membanggakan bagi Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali sebagai badan penyelenggara Universitas Warmadewa. Ia berharap kerjasama ini tetap terjalin dan tidak pernah terputus. “Mari bersama-sama meningkatkan kualitas SDM untuk meningkatkan kualitas eko wisata kita yang sudah kita tetapkan dan mencapai go global 2034. Apapun yang sudah diungkapkan dan dituliskan mari kita kerjakan dan evalausi serta tetap meningktakan kualitas perencanaan lebih baik lagi kedepannya karena perencanaan yang baik adalah awal dari suksesnya kegiatan.”, pungkasnya.
Wakil Rektor I Unwar Ir. I Nyoman Kaca, M.Si mengatakan untuk mewujudkan visi komitmen merupakan hal yang sangat besar artinya. Yang kedua adalah dorongan internal yang artinya bagaimana di Warmadewa membudayakan mutu tanpa dorongan eksternal, dengan kesadaran yg tinggi tanpa paksaan dan tanpa diketahui orang lain tetap komitmen menjalankan mutu karena hal inilah yang paling susah dilakukan karena merubah perilaku semua unsur yang ada di Warmadewa tetapi saat ini sudah bagus. Melakukan pengawasan melekat perlu ditingkatkan, bagaimana pimpinan harus menguasai manajemen skill dan technical skill. Selanjutnya kepatuhan terhadap rencana dan melakukan evaluasi serta melakukan peningkatan. Tonggak capaian harus jelas. “Kalau kita bandingkan temuan yang lalu dengan temuan yang sekarang memang jauh ada kemajuan. Bersyukur boleh, berbangga boleh, tetapi kita tidak boleh terlena jadi kedepan kita harus tetap menghadapi persaingan dan tantangan dari perguruan tinggi lain.”, tukasnya.
Humas Bappsik Unwar Melaporkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: