Profil

sertifikat akreditasi manajemen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

01-sk akreditasi manajemen, 02-sk akreditasi manajemen, 03-sk akreditasi manajemen, 04-sk akreditasi manajemen.

001 a logo unwar baru

 

 
NILAI AKREDITASI 800 kb

Ijin Operasional

ijin operasional manajemen copy

Data Perkembangan jumlah mahasiswa dan alumni  Jurusan Manajemen download

Visi

Program studi Manajenen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa menjadi pusat kajian ekonomi dan bisnis yang profesional berwawasan lingkungan sehingga bermanfaat bagi nusa dan bangsa

Misi

  1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia kearah profesionalisme berlandaskan akademik yang berbasis kompetensi
  2. Mengembangkan iptek dan imtak  sesuai dengan profesi
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat
  4. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga-lembaga dan  atau asosiasi profesi guna pengembangan  Tridarma Perguruan Tinggi
  5. Mengembangkan pelatihan-pelatihan melalui praktek kerja lapangan dan laboratorium

Tujuan

  1. Lulusan program studi manajemen memiliki profesionalisme dibidang ekonomi dan bisnis
  2. Lulusan Fakultas Ekonomi dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dilandasi moralitas serta memiliki integritas yang tinggi
  3. Jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dihasilkan meningkat dan berkualitas
  4. Terbentuknya kerjasama internal dan eksternal melalui wadah MOU
  5. Lulusan yang dihasilkan memiliki tambahan ketrampilan

Sasaran

  1. Mahasiswa dapat menyelesaikan studi  mendekati waktu ideal yaitu 8 (delapan) semester
  2. Meningkatnya jumlah lulusan yang mencapai indek prestasi rata-rata diatas 3,0
  3. Meningkatnya Jumlah lulusan yang mencapai predikat cumalaude
  4. Meningkatnya jumlah lulusan yang memiliki ketrampilan  sesuai dengan profesi
  5. meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  6. Meningkatnya prestasi/penghargaan akademik dan non akademik yang diraih mahasiswa dan dosen

Strategi pencapaian

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran sesuai dengan perangkat KBK (silabus, SAP dan kontrak perkuliahan
  2. menciptakan suasana akademis kondusif yang memungkinkan civitas akademika dapat bekerja secara optimal sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
  3. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui pendidikan lanjutan (program Doktor) dan pendidikan singkat.
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang memungkinkan semua unit dapat bekerja dengan baik.
  6. Memotivasi tenaga pendidik dan mahasiswa untuk mengikuti penelitian hibah, lomba karya tulis ilmiah, dan non akademik.

JURUSAN MANAJEMEN

Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa memiliki tiga Program Studi yaitu Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Progam Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Masing – masing Program Studi mempunyai visi, misi, tujuan dan sasaran yang mencerminkan Program Studi. Visi Program Studi Manajemen; Program Studi  Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa menjadi pusat kajian ekonomi dan bisnis yang profesional berwawasan lingkungan sehingga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.   Misi Program Studi Manajemen Prodi Manajemen yaitu (1) Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia kearah profesionalisme berlandaskan  akademik yang berbasis kompetensi. (2) Mengembangkan iptek dan imtak sesuai dengan  profesi. (3) Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (4) Mengembangkan kerja sama dengan lembaga-lembaga dan atau asosiasi profesi guna pengembangan Tri Dharma Perguraan Tinggi. (5) Mengembangkan pelatihan-pelatihan  melalui praktek kerja lapangan dan laboratorium. Sedangkan Tujuan  Program Studi Manajemen; Lulusan program studi manajemen memiliki profesionalisme dibidang ekonomi dan bisnis.  Sasaran program studi manajemen; (1) Mahasiswa dapat menyelesaikan studi mendekati waktu ideal yaitu delapan  semester. (2) Meningkatkan jumlah lulusan yang mencapai indek prestasi  rata-rata diatas 3,0. (3) Meningkatnya jumlah lulusan yang mencapai predikat cumalaude. (4) Meningkatnya jumlah lulusan yang memiliki ketrampilan sesuai dengan profesi (5) Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (6) Meningkatnya prestasi/penghargaan akademik dan non akademik yang diraih mahasiswa dan dosen. Saat ini Prodi manajemen berstatus terakreditasi dengan nilai peringkat B, berdasarkan keputusan BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 018/BAN-PT/Ak-X/SI/VIII/2007.

Program Studi Manajemen dipimpin oleh seorang Ketua Prodi yang dibantu oleh seorang sekretaris. Ketua Prodi bertanggung jawab kepada dekan. Ketua dan Sekretaris Prodi diangkat untuk masa 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh menjabat lebih dari dua kali masa jabatan secara berturut-turut. Ketua Prodi berperan sebagai koordinator, integrator, dan sinkronisator dari segala aktivitas prodi, sehingga terwujud suasana kondusif bagi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program Studi Manajemen mempunyai laboratorium yang dipimpin oleh seorang kepala laboratorium.   Ketua dan Sekretaris Prodi serta kepala laboratorium diangkat dan diberhentikan oleh rektor atas usulan dekan setelah mendapat persetujuan senat fakultas. Unsur pelaksana akademik pada program studi manajemen adalah para tenaga pendidik, dalam kegiatan sehari – hari prodi dibantu oleh tenaga kependidikan.

Peningkatan mutu Program Studi dilakukan melalui pengembangan SDM/Tenaga Pengajar, penyesuaian kurikulum, sarana dan prasarana (Lab) serta pelayanan akademik. Upaya peningkatan mutu tenaga pengajar  dilakukan melalui pengiriman tenaga pendidik untuk tugas belajar ke jenjang yang lebih tinggi, melaksanakan penelitian-penelitian, juga melalui pengabdian pada masyarakat baik melalui Fakultas atau perorangan, mengikuti kursus-kursus, seminar baik tingkat regional, nasional maupun internasional serta workshop. Prodi Manajemen telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain seminar dosen prodi, Seminar Regional, Seminar Nasional serta seminar internasional. Disamping kegiatan seminar juga dilakukan kegiatan antara lain kemah bakti ilmiah, pelatihan laboratorium, Program magang mahasiswa dan lokakarya. Kegiatan – kegiatan tersebut melibatkan tenaga pendidik serta mahasiswa prodi  manajemen.

Mahasiswa yang diterima pada program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa diwajibkan untuk mengikuti seleksi/penyaringan calon mahasiswa, dengan demikian calon mahasiswa akan melalui seleksi secara kompetitif, yaitu melalui seleksi lewat ujian tertulis (UMPTS). Setelah mahasiswa diterima maka  mahasiswa mempunyai pembimbing akademik. Tugas Pembimbing akademik    memberi bimbingan, nasehat, penjelasan, dan petunjuk kepada mahasiswa tentang kelancaran studinya selama  masa studi.

Pengembangan daya nalar, minat, dan bakat serta kesejahteraan mahasiswa maka dibentuk lembaga kemahasiswaan ditingkat fakultas terdiri dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF) dan Koordinator Rayon Mahasiswa (KORMAS), sedangkan di tingkat prodi disebut Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Untuk Jurusan Manajemen disebut Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HIMAJAMA).

Sebelum membuat tugas akhir mahasiswa diwajibkan mengikuti pelatihan kewirausahaan, Achievment Motivation Trainning (AMT),   program magang serta mengikuti tugas ekstra kurikuler seperti : Bakti Sosial Mahasiswa (BSM), Seminar Regional dan Nasional yang diatur dengan Satuan Kredit Kegiatan (SKK). Dalam membuat tugas akhir Mahasiswa diberikan dua orang pembimbing yaitu pembimbing utama dan pembimbing pembantu.

Sebagai pelaksana akademik pada Program Studi Manajemen adalah ketua dan Sekretaris Prodi, dan kepala laboratorium. Kelompok Tenaga Pendidik mempunyai tugas pendidikan,  pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian/ilmunya, serta   memberikan bimbingan kepada mahasiswa  sesuai dengan minat dan bakatnya. Sebagai unsur penunjang pelaksana pendidikan dan administrasi adalah tenaga kependidikan.

Dana yang dimanfaatkan untuk membiayai operasional lembaga sebagian besar berasal dari mahasiswa yang dipungut setiap semester dan dari bantuan pemerintah atau lembaga lain yang bersifat tidak mengikat. Dana dikelola oleh rektor dan yayasan, pendistribusiannya ke masing-masing Fakultas/Program Studi sesuai dengan Rencana Anggaran Kegiatan (RAK) yang diajukan melalui Pelaksanaan Operasionan (PO) setiap triwulan. Pengelolaan dana yang diterima prodi dikelola dengan baik untuk membiayai kegiatan – kegiatan seperti : seminar, lokakarya, pengabdian masyarakat, dan sebagainya. Setiap akhir kegiatan dana tersebut dipertanggung jawabkan kepada rektor.

Penunjang kegiatan proses pembelajaran hingga kini Fakultas Ekonomi Unwar memiliki  19 ruangan kuliah, ruang Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, ruang Ketua Prodi Manajemen, Akuntansi, dan ISEP, ruang Sekretariat Prodi Manajemen dan Akuntansi, ruang dosen, ruang komputer, ruang sekretariat fakultas sebagai tempat pelayanan administrasi, perpustakaan fakultas dan universitas, ruang pos sekretariat perkuliahan, dan ruang Laboratorium Manajemen.

Kegiatan pembelajaran di  Program Studi Manajemen berpedoman pada  Kurikulum yang berbasis Kompetensi (KBK).  Kurikulum   mencakup mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK), mata kuliah keahlian berkarya (MKB), mata kuliah perilaku berkarya (MPB) dan mata kuliah berkehidupan bersama (MBB).

Program Studi Manajemen  memiliki empat (4) konsentrasi yaitu konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional  dan  Manajemen Keuangan. Konsentrasi dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minatnya, dengan tujuan untuk memberikan tambahan wawasan yang berkaitan dengan muatan lokal Program Studi. Mahasiswa yang lulus mata kuliah sesuai konsentrasi dengan persyaratan yang ada wajib menyusun sebuah karya ilmiah (skripsi) sebagai tugas akhir untuk memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi. Untuk menambah daya saing lulusan (alumni) maka mata kuliah muatan lokal diorientasikan pada pengembangan ke empat  bidang konsentrasi tersebut.

Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa di Prodi Manajemen meliputi bantuan tutorial yang bersifat akademik, informasi dan  konseling pribadi  serta sosial. Bantuan ini diberikan oleh para tenaga pendidik di luar jam kuliah pada mahasiswa bersangkutan pada saat diperlukan, dan ini diberikan oleh dosen selaku Pembimbing, baik sebagai Pembimbing Akademik, Pembimbing magang maupun Pembimbing Tugas Akhir (skripsi).

Sistem pelaksanaan pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa adalah sistem kredit semester (SKS). Sistem kredit semester adalah suatu sistem pelaksanaan pendidikan yang mengukur beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan  beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dalam tiap – tiap semester dengan jumlah nilai kredit yang dinyatakan dengan angka. Dalam sistem kredit tidak ada kenaikan tingkat. Proses pembelajaran didasarkan pada kurikulum prodi yang telah disesuaikan dengan kurikulum berbasis Kompetensi. Hal tersebut didukung dengan dibuatnya Silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan Kontrak Perkuliahan pada masing – masing mata kuliah yang ditawarkan sesuai dengan kosentrasi yang ada. Untuk membantu mahasiswa yang tidak lulus pada semester reguler diberi kesempatan mengambil mata kuliah pada semester pendek.

Kegiatan penelitian dosen dilaksanakan dua kali dalam satu tahun, sedangkan topik penelitian disesuaikan dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Hasil penelitian yang diterima akan dipublikasikan melalui majalah dan jurnal yang diterbitkan universitas maupun fakultas. Dosen juga diarahkan untuk mengikuti penelitian yang dilakukan oleh DIKTI seperti penelitian dosen muda, kajian wanita dan hibah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara rutin dilaksanakan  melibatkan semua civitas akademika. Jenis, waktu dan lokasi kegiatan pengabdian  sesuai dengan kalender akademik dan hasil observasi dilapangan.

Dukungan sarana dan prasarana yang dimiliki Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa seperti, ruang kuliah, ruang komputer, ruang laboratorium, Elektronik Data Processing (EDP), faximile, papan pengumuman, internet berbasis hot spot, dan   telepon,   dapat mempermudah dan mempercepat  penyampaian informasi dan pelaksanaan program kerja prodi.

 KERJASAMA DENGAN INSTANSI LAIN  Download file

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: